Mengenal Jenis dan Tanda Gangguan Psikologi

Gangguan mental dan psikologi memang bisa terjadi pada siapa saja. Kadang penyebabnya bisa berasal dari berbagai faktor. Bahkan hal-hal sepele bisa menjadi penyebab seseorang mengalami tekanan mental yang sangat hebat. Mungkin saja diluar terlihat baik-baik saja namun kondisi mentalnya sangat buruk.

Masalah psikologis bisa mengarah pada hal hal yang sangat berbahaya. Bahkan kebanyakan kasus yang mungkin sering kita dengar adalah berujung pada tindakan nekat seperti bunuh diri atau lainnya. Tentu kondisi ini sangat miris dan sebaiknya butuh pendampingan. Gangguan psikologi memang sangat sulit untuk dikenali. Bahkan seringkali orang yang mengalami gangguan mental ini tidak menunjukan hal yang aneh.

Akan tetapi kadang jika kondisinya sudah terlampau parah memang bisa terlihat berperilaku aneh. Kondisi seperti ini sebaiknya harus disadari oleh orang orang terdekatnya sehingga bisa memberikan pendampingan. Dengan adanya suport dan pendampingan maka bisa meringankan tekanan mental yang dihadapinya.

Berikut Jenis Gangguan Mental Yang Sering Terjadi

Adanya gangguan kesehatan mental memang bisa berdampak buruk bandarq pada banyak hal. Oleh karena  itu dalam hal ini perlu pemahaman untuk setiap orang sehingga jika ada  kondisi tersebut bisa memberikan pendampingan. Simak berikut ini jenis gangguan mental yang umum terjadi!

  1. Gangguan Kecemasan

Salah satu gangguan mental adalah gangguan kecemasan. Kondisi ini biasanya terjadi dengan menunjukan perilaku cemas yang berlebihan. Bahkan kondisi kecemasannya sangat sulit untuk dikendalikan. Akibatnya tentu mempengaruhi dan mengganggu kondisi kehidupannya sehari-hari.

  1. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

Selanjutnya adalah ADHD yang merupakan salah satu gangguan kesehatan akibat adanya gangguan pada kinerja otak. Biasanya penderita masalah gangguan ini akan menjadi seorang yang hyperaktif dan bahkan sulit untuk memusatkan perhatian. Umumnya gangguan psikologi ini terjadi pada anak-anak akan tetapi tak jarang juga pada orang dewasa.

  1. Depresi

Masalah kesehatan mental seperti ini memang umum terjadi. Biasanya penyebabnya karena putus asa atau mengalami hal hal yang sangat menyedihkan dalam hidupnya. Kadang banyak yang merasa depresi dan tidak memiliki semangat lagi untuk kehidupannya. Depresi sebaiknya tidak dianggap sepele dan jangan diabaikan.

  1. Bipolar

Kita mungkin sudah sering mendengar istilah bipolar. Gangguan psikologi yang satu ini biasanya menunjukan suasana hati yang berubah secara drastis sehingga bisa mengarah pada fase depresi yang sangat parah. Selain itu masuk dalam fase mania dengan menujukan perilaku emosi meluap-luap, tiba-tiba lesu dan sedih.

  1. Skizofrenia

Banyak yang berpendapat bahwa pengidap skizofrenia adalah mereka yang memiliki kepribadian ganda atau bisa mendengar suara tertentu. Padahal ini tidak sepenuhnya benar. Pengidap gangguan ini biasanya tidak bisa membedakan antara pikiran sendiri dan realita. Biasanya mengalami paranoid, halusinasi dan delusi.

Inilah Tanda Gangguan Kesehatan Psikologi atau Mental

Sebaiknya tanda tanda gangguan psikologi ini dikenali agar bisa memberikan solusi dan penanganan bagi penderitanya. Simak berikut ini tanda yang umum terjadi!

  • Seringkali memiliki keinginan bunuh diri
  • Depresi, stres dan sedih terus menerus
  • Sering mendengar hal hal yang tidak masuk akal atau berhalusinasi
  • Lebih banyak menyendiri atau mengasingkan diri dari orang lain
  • Perasaan dan emosi yang seringkali berubah-ubah dan kadang tak terkendali
  • Sering merasa cemas berlebihan atau paranoid terhadap hal hal yang sebenarnya tak perlu dicemaskan
  • Mengkonsumsi obat-obatan untuk kesenangan
  • Pola makan serta pola istirahat yang tidak normal
  • Sering ngelantur saat berbicara
  • Seringkali memiliki keyakinan yang tidak masuk akal dan tidak rasional

Gangguan kesehatan mental atau psikologi kadang menjadi salah satu masalah kesehatan yang tidak terdeteksi. Untuk itulah dengan mengenal jenis dan tandanya diharapkan bisa memberikan solusi jika ada orang yang menunjukan sikap tersebut.